Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) menggelar sosialisasi SOP layanan guna menuju kepuasan stakeholder yang optimal dengan narasumber Irwan Mardiansyah (Konsultan Ganesha Multi Sukses). Selain itu, juga dilakukan sosialisasi dari Bank Syariah Indonesia (BSI) tentang produk dan jasa BSI dengan narasumber Intan selaku Perwakilan Cabang BSI R.E. Martadinata. Sebagai moderator Dr. Nikmah Utami Dewi, S.KM., M.Sc. Acara berlangsung di Gedung FKM Untad, tanggal 4 Desember 2024.
Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Untad Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes., M.AP., QRMA. yang mewakili Dekan, Koordinator Program Studi Gizi Dr. Nikmah Utami Dewi, S.KM., M.Sc., Kepala Bagian Umum Mohamad Imran, S.Sos., M.Si., para Dosen dan Tenaga Kependidikan, serta para Mahasiswa FKM Untad.
Mohamad Imran, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Bagian Umum FKM Untad yang juga Ketua Panitia mengemukakan semoga sosialisasi SOP layanan dan sosialisasi dari BSI ini mampu diikuti dengan baik serta memberikan manfaat kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang hadir.
Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes., M.AP., QRMA. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Untad mengemukakan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk hadir serta membagi ilmu dan pengalamannya kepada kita semua terkait sosialisasi SOP layanan guna menuju kepuasan stakeholder yang optimal serta adanya sosialisasi produk dan jasa dari BSI. SOP layanan menjadi hal yang penting setelah FKM Untad mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2015 terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan.
Sosialisasi SOP layanan sangat penting untuk mencapai kepuasan stakeholder yang optimal dikarenakan dapat menjamin kualitas layanan yang konsisten, meningkatkan kepercayaan stakeholder, memastikan efisiensi dalam proses layanan, menunjukkan profesionalisme institusi, meminimalkan konflik atau keluhan, memberikan transparansi dalam pelayanan, mendukung kepatuhan terhadap regulasi, meningkatkan kinerja tim dalam melayani stakeholder, serta membangun reputasi positif.
Tentunya mahasiswa merupakan sasaran utama layanan kita di FKM Untad harus senantiasa diberikan pelayanan yang prima oleh para dosen dan tenaga kependidikan. Demikian pula BSI bersama bank lainnya telah menjadi mitra perguruan tinggi dalam berbagai produk dan jasa layanan yang diberikan. Sehingga kesemuanya itu akan membangun sinergitas bersama untuk kemajuan institusi FKM Untad.
Prof. Dr. Nurdin Rahman, M.Si., M.Kes. selaku Dekan FKM Untad berharap dengan sosialisasi SOP layanan dan sosialisasi dari BSI ini mampu memberikan informasi berharga kepada para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa FKM Untad tentang pentingnya layanan yang terstruktur dan prima kepada stakeholder terkait agar tercapai kepuasan yang memadai khususnya oleh mahasiswa. Terima kasih kepada para Narasumber dan semua yang hadir.***